Pusat Oleh-oleh Hadir di Kota Rantauprapat

Pemkab Labuhanbatu berencana memanjakan para pendatang dengan suguhan panganan khas Labuhanbatu. Hal itu ditarget sebagai oleh-oleh dan buah tangan tanda berkunjung ke kota Rantauprapat.


Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe mengatakan itu saat peresmian Pusat Oleh-Oleh Labuhanbatu yang ditandai dengan pengguntingan pita, Rabu (30/10/2019) di kompleks Lapangan Ika Bina Rantauprapat dan kawasan Tugu Selamat Datang di Desa Janji, kecamatan Bilah Barat.
“Disini nantinya akan kita sajikan makanan khas dan juga cemilan serta berbagai oleh-oleh lainya untuk para tamu yang datang dari luar Labuhanbatu,” kata Andi.
Dia mengaku telah lama menantikan berdirinya pusat oleh-oleh Labuhanbatu. Dan harapannya, menjadi motivasi semangat para pelaku UKM untuk membuka usaha oleh-oleh khas bumi Ika Bina En Pabolo.
“Semoga semangat para pelaku UKM semakin meningkat. Pemkab selalu mendukung dan  turut mempromosikan ciri khas Kabupaten Labuhanbatu. Semoga tempat oleh-oleh ini bisa bermanfaat dan dapat meningkatkan perekonomian,” sebut Andi.

Andi mengungkapkan, sejumlah usaha rumah makan bankrut karena tidak menyajikan masakan khas Labuhanbatu. Sehingga dia menyarankan agar selalu menunjukkan ciri khas yang ada di Labuhanbatu. Seperti anyang ayam dan juga gulai asam baung.


“Banyak rumah makan mewah tidak laku di daerah kita. Sebab masyarakat memilih masakan dan kuliner yang khas,” kata Andi.


Keunikan Labuhanbatu lainnya, kata Andi adalah kreasi batik khas asli Kabupaten Labuhanbatu. Sebab motifnya tidak ada dijual di Kabupaten lain.

Dia menginginkan tersebut  bisa terkenal dan membawa nama harum daerah Labuhanbatu di tingkat nasional bahkan internasional.


Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Patindoan menyampaikan, tujuannya dari pembuatan tempat pusat oleh-oleh Labuhanbatu adalah untuk memperkenalkan makanan khas untuk oleh-oleh dan juga berbagai hasil kreasi home industri asli dari Labuhanbatu yang tidak ada di daerah lain. 


“Selama ini jika ada tamu yang datang masih bingung dimana tempat pusat oleh-oleh dari Labuhanbatu, saat ini pusat oleh-oleh tersebut ada 4 kios  yang berlokasi di lapangan Ika Bina dan 1 lagi di tugu selamat datang kota Rantauprapat, semoga dengan dibukanya tempat ini bisa meningkatkan perekonomian para UKM,” ujar Patindoan.

Tinggalkan komentar