Koramil Gelar Pelayanan Kontap Gratis

Dalam rangka TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) 2008, Koramil 08 Rantau Prapat menggelar program Pelayanan Kontrasepsi Mantap (Kontap) gratis dengan sasaran 4 kecamatan. Sebanyak 21 pasien dari 15 yang ditargetkan, pada hari pelaksanaan berhasil terlayani dengan baik. 

Pelaksanaan program tersebut berlangsung di salahsatu ruangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantau Prapat, Kamis (14/8) lalu. Puluhan warga yang berasal dari Kecamatan Rantau Utara, hari itu mendapat giliran sebagai peserta Kontap. Para warga terlihat antusias mendapatkan pelayanan walau harus antre.
“Hari ini, memang giliran Kecamatan Rantau Utara. Dari target 15 orang ternyata yang mendaftar sebanyak 21 peserta. Berarti, melampaui yang ditergatkan. Masyarakat sangat antusias menyambut kegiatan ini,” ungkap Ali Nafiah, petugas Dinas Kependudukan Keluarga Berencana dan Catatan Sipil (KKBCS) Labuhan Batu, saat didampingi Rasidah Siregar, Koordinator Kecamatan Rantau Utara.
Direncakan, setelah Kecamatan Rantau Utara, sesuai jadwal tanggal 19 Agustus giliran warga Kecamatan Rantau Selatan yang dapat giliran. Kota Pinang di tanggal 20 Agustus, dan Torgamba 21 Agustus 2008. Dengan target masing-masing mencapai 15 orang.
Danramil 08/Rantau Prapat, Kapten Inf Samanhudi saat meninjau pelaksanaan Kontap mengatakan, program tersebut dilakukan untuk menuju norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Selain itu, juga demi menekan angka kelahiran jangka panjang dan yang pasti menanggulangi risiko kegagalan KB. “Kita berharap program ini mampu menciptakan keluarga bahagia dan sejahtera,” ujarnya.
Boru Simanjuntak, salahseorang peserta KB yang ikut menikmati pelayanan gratis, itu mengaku sangat terbantu. Sebab sebagai keluarga prasejahtera, ia mengaku kesulitan untuk bisa memasang implan KB. Sebab, harganya yang relatif mahal. “Program ini sangat bagus dan membantu. Kalau kita pasang sendiri ke rumah sakit atau bidan, pasti biayanya mahal,” ujarnya.
Selain pemasangan implan, alat kontrasepsi lain seperti kondom juga dibagikan secara gratis kepada siapa saja yang hendak mendapatkannya.  (FDH)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: